Pengertian dan Sejarah Singkat Reportase

DCP_0212Reportase adalah suatu laporan yang dilakukan oleh reporter atau wartawan mengenai suatu peristiwa yang dilihatnya dengan mata kepala sendiri (on location).  oleh sebab itu reportase juga dapat diidentifikasikan sebagai laporan pandangan mata (eye witness report) yaitu laporan yang disiarkan langsung saat peristiwa itu terjadi (as it happens).

Reportase bisa juga mengandung pengertian melaporkan suatu kejadian, tapi baru disiarkan kemudian dan kalau perlu sudah disusun kembali (delayed broadcast, after event broadcast) atua disiarkan setelah disuting kembali (re-edit) sekaligus ditambah dengan efek suara (sound effect)

Dilihat dari segi pemberitaan, pada hakekatnya reportase adalah sebuah berita. namun beritanya sangat panjang dan diberitakan pada waktu peristiwanya sedang berlangsung.

Sejarah reportase radio berawal pada tahun 1920-an saat peristiwa DCP_0214pemilihan umum di Amerika Serikat (presiden Harding – cox) karena peristiwa tersebut disiarkan langusung oleh radio WWJ Detroit dan KDKA Pitsburgh.

Disisi lain teknologi radio sendiri mulai berkembang sebagai media siaran umum setelah peristiwa tenggelamnya kapal pesiar Titanic tahun 1912 dimana pada saat itu menyiarkan penderitaan penumpangnya dan media siaran ini masih merupakan wireless telegraph. Pada tahun 1920 media tanpa kabel ini dikenal dengan sebuatan RADIO. (Olii Helena, Reportase Radio, hal.02,  Gramedia, tahun 2006)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: